Cara Tampilkan Nomer Kontak yang Hilang For Android

Jika anda perna menyimpan nomer kontak seseorang dan tiba-tiba tidak menemuinya di daftar kontak jangan keburu panik masih ada cara yang bi... thumbnail 1 summary
Jika anda perna menyimpan nomer kontak seseorang dan tiba-tiba tidak menemuinya di daftar kontak jangan keburu panik masih ada cara yang bisa di coba agar daftar tersebut kembali. Nomer kontak telepon merupakan salah satu data berharga di poncel jika nomer di ponsel hilang anda bisa kesulitan untuk menghubungi orang atau rekan yang akan di tuju baik itu saudara teman dan kekasih.Ada satu cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan atau mengembalikan nomer yang hilang. entah karena terhapus , belum tersimpan atau karena hal lain. begini cara yang bisa di coba untuk mengembalikan dari ponsel android.


Pastikan seluruh akun sudah diaktifkan
Ada Kemungkinan bahwa nomer kontak yang bersangkutan masih ada di ponsel android anda namun tidak terlihat di daftar kontak tersebut. Anda bisa menemukan dengan beberapa langkah berikut :
  1. Buka daftar kontak anda.
  2. Pada menu yang tertera , tekan more atau biasa pula ditampilkan dengan ikon tiga titik yang terletak di pojok  kanan atas 
  3. Tekan setting atau contacts Setting> Contacst to display.
  4. Di sini anda bisa melihat beberapa daftar kontak yang ada di ponsel. Pilih all contacts, dari sini seluruh kontak yang tersimpan di berbagai akun akan tampil di daftar kontak android. Jika cara ini belum mengatasinya nomer kontak yang hilang masih ada cara lain yang bisa anda lakukan.
Atur daftar kontak
Terkadang anda memiliki nomer kontak dari nama atau orang yang sama sehingga daftar kontak menjadi banyak dan penuh, agar lebih praktis anda bisa menggabungkan nomer tersebut ke dalam satu nama saja. Untuk itu anda bisa melakukan dengan cara berikut :
  1. dari komputer buka akun gmail dari peramban.
  2. pada menu di bagian kiri, tekan gmail dan pilih contacts.
  3. lihat menu dibagian atas, dan tekan pilihan more.
  4. dari pilihan yang ada tekan find dan merge duplicats.
  5. nantinya akan ditampilkan daftar kontak yang sama, dan anda bisa memilih nama siapa saja yang hendak digabungkan.
  6. tekan merge untuk mulai menggabungkan nama yang sama. 
Tambahkan kotak dari akun gmail
Akun gmaul anda memilikifitur khusus untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang, syaratnya ponsel anda sudah perna melakukan penyelarasan (sync) secara berkala. Penyelarasan akan mem-backup data di ponsel ke akun gmail sehingga saat data di gmail masih aman tersimpan. Berikut ini caranya :
  1. Pindah ke komputer dan buka akun gmail dari sana melalui peramban.
  2. Setelah berhasil melalui akun gmail, lihat menu di pojok kiri atas bertuliskan gmail. Tekan untuk menampilkan menu.
  3. Akan terdapat pilihan contacts, tekan untuk menampilkan semua contacst. Disini akan tampil seluruh nomer kontak yang pernah tersimpan.
  4. Pada menu diatas cari piliha More
  5. Tekan more untuk menampilkan menu dan pilih restore contacst 
  6. Gmail akan menanyakan proses restore dengan pilihan waktu yang tersedia. Sesuaikan dengan waktu yang anda inginkan. Tekan restore jika sudah memilih waktu yang di inginkan.
  7. Setelah selesai lakukan penyelarasan secara menual sesuai dengan langkah sebelumnya. Anda bisa mengembalikan restore data kontak hingga 30 hari kebelakang. Jadi jika anda menyimpan data kontak setelah 30 hari maka daftar kontak tidak akan tersimpan.
Jika nomer kontak masih tidak bisa ditemukan bisa jadi fitur penyelarasan ( Sycs) tidak berada dalam kondisi aktif. Untuk berjaga-jaga mulai katifkan fitur ini, berikut ini adalah langkah-lahkanya :
  1. Masuk ke setting > accounts.
  2. Tekan more atau akun tiga titik dibagian bawah. Pastikan Auto-sync data dalam keadaan aktif atau tercentang.
  3. Atau bisa anda dengan melakukan secara menual. Pada menu tadi pilih Google.
  4. Tekan more atau ikon tiga titik yang terdapat dibagian bawah. Akan tampil pilihan Sync now dan tekan untuk proses penyelarasan.
  5. Usahakan anda untuk melakukan hal ini setiap anda menambahkan contacst baru sebagai upaya untuk backup data.
Semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment