Cara Atasi Android Marshmallow

Perna mengalami masalah pada ponsel Android Marshmallow ? Jangan kawatir  akan tunjukkan solusinya. Tidak ada sistem oprasi yang 100% berj... thumbnail 1 summary
Perna mengalami masalah pada ponsel Android Marshmallow ? Jangan kawatir  akan tunjukkan solusinya. Tidak ada sistem oprasi yang 100% berjalan dengan sempurna. Terkadang masih dijumpai berbagai masalah yang kerap membuat bingung penggunanya. Untungnya sistem oprasi yang telah mencapai tahap final dan resmi dirilis selalu memiliki solusi atas permasalahan yang ada. Tentu saja untuk mendapatkan solusi tersebut anda mesti rajin mengunjungi forum-forum yang membahas masalah pada Android Marshmallow. Nah bagi anda yang juga perna mengalami pada ponsel Android Marshmallow berikut kami tunjukkan cara beberapa diantaranya beserta solusinya.


Sistem tidak setabil
Terkadang sistem tidak menjadi setabil setelah melakukan update. Masalah yang terjadi biasanya ponsel sering restart, aplikasi crash, perilaku yang tidak wajar pada sistem dan lain sebagainya.

Solusinya :
  1. Masuk ke safe mode dengan cara tekan tombol power yang lama sampai tampil menu untuk power off. Tekan yang lama untuk power off hingga tampilan pilihan untuk melakukan restart ke save mode. Tekan Ok. Jika sistem berjalan dengan normal berarti permasalahan terdapat pada salah satu aplikasi yang terpasang. Pada mode ini hapus aplikasi yang dicurigai menjadi penyebab lambatnya sistem setelahnya lakukan restart seperti biasa.
  2. Jika pada safe mode sistem masih tidak setabil, berarti permasalahan terdapat pada sistem oprasi Android Marshmallow dan bukan pada aplikasi. Untuk itu anda mesti masuk ke menu recovery dan lakukan dengan cara seperti langkah pada permasalahan saat instalisasi.
Wifi yang Boros Daya
Banyak pengguna Android Marshmallow yang mengeluhkan bahwa penggunaan bateray sangat boros saat mengaktifkan Wifi. Namun pada beberapa kasus diantaranya hanya merupakan kesalahan laporan yang ditampilkan oleh Android Marshmallow. Bahkan ada juga yang melaporkan pengguna mobile data juga menggunakan daya bateray yang benar.

Solusinya :
  1. Ada beberapa solusi yang perlu anda coba diantaranya yaitu dengan melakukan pengaturan sebagai berikut. Masuk ke Setting> Backup and rseet>Network setting reset. Tekan reset setting yang terdapat pada pojok kanan di bagian bawah.
  2. Cara lain yang bisa di coba yaitu dengan mematikan fitur Wifi meski ponsel sudah terhubung dengan Wifi. Matika fitur ini dengan cara  masuk ke setting> location> Scanning. Matikan fitur Wifi scanning dan juga bluetooth scanning.
Permasalahan saat instalisasi
Jika ponsel berhenti atau responnya cukup lama saat anda memasang aplikasi pilihan terbaik adalah menunggu. Atau terkadang booting pertama setelah proses update memang memakan waktu yang agak lama.

Solusinya :
  1.  Jika masalh ini kerap terjadi dan prosesnya berlangsung cukup lama, anda bisa menghapus system cache melalui mode recovery. untuk masuk ke mode ini matikan ponsel terlebih dahulu. Nyalakan kembali dengan menekan tombol power dan volume down secara bersama dan tombol jangan dilepas  hingga tampil menu fastboot.
  2. Lakukan navigasi untuk menggunakan tombol volume dan arahkan ke pilihan recofery dan tekan tombol power saat memilih. Arahkan ke pilihan wipe cache partition dan tekan tombol power, setelah selesai, reboot ponsel dan nyalakan seperti biasa.
Susah terhubung Wifi
Ada kasus dimana signyal Wifi  susah terhubung mesti ponsel sudah mendeteksi adanya jaringan tersebut.

Solusinya :
  1. Coba aktifkan mode Airplane untuk sesaat dan matikan kembali. Lakukan ini beberapa kali untuk memastikan Wifi bisa terhubung.
  2. Jika tidak berhasil matkan Wifi, reboot ponsel dan setelah menyalah hidupkan kembali koneksi Wifi tersebut.
  3. Cara lain yang bisa anda coba lagi kalau masih belum berhasil. Anda coba dengan mesuk setting> backup and reset>network setting reset. Tekan reset setting yang terdapat pada pojok kakan di bagian bawah.
 Permasalahan Mobile Data
Masalh yang perna dijumpai pada Android Marshmallow ketika mobile data untuk mengakses internet pada ponsel anda bermasalah setelah di update.

Solusinya :
  1. Jika permasalahan ini terjadi coba untuk mengktifkan sejenak mode Airplane dan matkan kembali secara berulang. Kemudian lakukan hal yang sama dengan mengaktifkan mobile data dan mematikannay berulang-ulang.
  2. Jika masih belum berhasil, matikan ponsel selama beberapa menit dan nyalakan kembali.
  3. Cara lain yang bisa di coba adalah dengan mencabut kartu SIM dan tnggu beberapa saat, dan setelah itu pasang kembali kartu SIM-nya
  4. Jika semua belum berhasil, coba hubungi oprator yang anda gunakan, siapa tahu jaringan sedang bermasalah atau memiliki masalah kompatibilitas dengan ponsel Android Marshmallow.
Tidak mau terhubung ke PC
Tidak terhubung meski sudah terpasang kabel USB ke PC. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh pilihan yang pengaturan yang ada. Secar default ponsel akan diatur dalam USB charging sehingga anda tidak bisa mengakses file ke PC.

Solusinya :
  1. Ketika menancapkan kabel USB dari ponsel  ke PC akan tampil notifikasi di ponsel bertuliskan connected for charging. Tekan notifikasi ini dan anda akan mendapatkan empat pilihan agar terhubung ke PC, anda bisa memilih trasfering ke media file (MTP) atau trasfering image (PTP) dengan dua pilihan ini PC akan mengenali ponsel anda sebagai media simpan dan anda bisa melakukan tranfer data.
Pesan Insufficient Storage Available
Jika anda mendapatkan pesan ini pada Android Marshmallow, bisa jadi berhubungan dengan kartu memori SD card. Meskipun Android Marshmallow memungkinkan kartu memori SD card harus diformat sebagai memori internal, namun masih ada beberapa aplikasi yang tetap tidak bisa disimpan disana. Untuk memeriksanya arahkan ke Setting >Apps disini anda bisa memeriksa aplikasi apapun untuk melihat apakah bisa di simpan ke SD card. Jika pilihan ke SD card tidak muncul berarti aplikasi ini tidak bisa disimpan di sana dan harus tetep di simpan di penympanan internal.

Solusinya :
  1. Anda bisa menghapus data temporari yang ada di penyimpanan internal agar bisa menyimpan aplikasi baru. Membersihkan cache juga merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan. Arahkan ke setting> storage & USB lihat cache data tekan dan delete.

1 comment

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete